Rabu, 11 Desember 2019

PEMBAHASAN KEGIATAN PKL DI UPT PUSKESMAS KUTA 1



Hasil kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan oleh  Mahasiswa Keperawatan Gigi di UPT Puskesmas Kuta I yang dimulai dari tanggal 15 Maret sampai dengan 22 Maret 2019 yaitu, kegiatan dalam gedung meliputi kegiatan di Poli Gigi, Ruang Rekam Medis, Farmasi, KIA, Poli Umum, GIZI, dan Methadon, sedangkan kegiatan luar gedung yaitu Posyandu.
A.                Kegiatan Dalam Gedung
Kegiatan Mahasiswa dalam gedung dilibatkan pada :
1.                  Ruang Rekam Medis
Kegiatan yang dilakukan di Ruang Reka Medis yaitu, membantu pengambilan Rekam Medis pasien untuk melakukan tidakan pelayanan ke Poli UPT Puskesmas Kuta I dan mengantarkan rekam medis pasienke ruangan  sesuai dengan keluhan pasien, Selain itu mencatat rekam medis yang diambil oleh pasien. Jumlah kunjungan pasien dari tanggal 15 Maret sampai dengan 19 Maret 2019 sebanyak 514 orang.
2.                  Ruang Poli Gigi
Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa di Poli Gigi yaitu, melakukan tindakan promotif, preventif dan kuratif sederhana seperti, melakukan tindakan pencabutan gigi susu. Mahasiswa juga melakukan tindakan sebagai asisten Dokter Gigi dalam melakukan tindakan penambalan pencabutan gigi permanen, dan tindakan emergency treatment. Asisten juga menyiapkan alat dan bahan sebelum melakukan tindakan. Mencuci, mensteril dan merapikan alat setelah dilakukan tindakkan. Jumlah kunjungan Poli Gigi dari tanggal 15 Maret sampai dengan 19 Maret 2019 adalah sebanyak 56 orang. Jumlah kasus terbanyak yang ditemukan adalah Chronic apical periodontitis sebanyak 14 kasus, kasus Other disorders of tooth development sebanyak 9 kasus. Hal tersebut mungkin disebabkan karena kurangnya pengetahuan serta perilaku masyarakat tentang bagaimana cara memelihara kesehatan gigi dan mulutnya yng baikdan benar, selain itu juga dipengaruhi oleh kurang optimalnya kegiatan promotif berupa penyuluhan. Kegiatan yang tidak dilakukan pada saat PKL berupa kegiatan preventif seperti scalling, fissure Sealant, dan Topikal Aplikasi. Hal tersebut tidak dilaksanakan karena keterbatasan alat dan bahan. Rata-rata jumlah pasien yang mengunjungi Poli Gigi dalam sehari mulai tanggal 15 Maret sampai dengan 19 Maret 2019 adalah 19 orang per hari.
3.                  Ruang Poli Umum
Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa di Poli Umum meliput memeriksa tekanan darah, suhu badan pasien, melakukan rawat luka untuk kunjungan luka yang sudah pernah ditangani, mengukur tinggi badan pasien, mengukur berat badan pasien, membuat surat keterangan sehat, membuat surat keterangan sakit dan memasukan data pasien dalam buku registrasi. Selama melakukan kegiatan PKL di Poli Umum UPT Puskesmas Kuta I dari tanggal 15 Maret sampai dengan 19 Maret 2019, total kunjungan pasien sebanyak 175 orang dengan rata rata kunjungan perhari yaitu 44 orang. kasus terbanyak adalah Acute pharyngitis, unspecified sebanyak 97 kasus atau 26,1%. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh sosial ekonomi dan gaya hidup.
4.                  Ruang Farmasi
Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa di Ruang Farmasi meliputi membantu mendistribusikan obat-obatan sesuai resep kepada pasien. Mahasiswa juga membantu menyiapkan obat dalam bentuk puyer. Di ruang Farmasi mahasiswa juga memperoleh pengethuan tambahan mengenai cara membaca resep dan membaca dosis sesuai dengan yang tertera pada resep dengan bimbingan staf apotekker di ruang farmasi tersebut.
5.                  Ruang Methadon
Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa di Ruang Methadone meliputi membantu menulis dan menempelkan etiket di botol obat pasien, membantu membagikan obat kepada pasien methadone, membantu menulis di buku registrasi pasien, dosis obat pasien, dan melakukan pengukuran tekanan darah pada pasien yang datang ke Ruang Methadone.
6.                  Ruang Gizi
Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa di Ruang Gizi meliputi membantu menginput data Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat dan melakukan pengukuran tekanan darah.
7.                  Ruang KIA
Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa di Ruang KIA meliputi membantu melakukan pengukuran tekanan darah, observasi pemeriksaan ibu hamil, observasi pelepasan KB (implant), observasi pemasangan KB suntik, dan observasi pemeriksaan denyut jantung janin.

B.                 Kegiatan di Luar Gedung
1.                  Posyandu Terpadu
            Program posyandu terpadu diselenggarakan di Banjar Jabejero, Banjar Kelan Desa, Kelurahan Kedonganan, Banjar Angkasa Pura, Banjar Pelasa, dan Banjar Kelan Abian, kegiatan pada posyandu lansia meliputi menyiapkan alat dan bahan, meregistrasi lansia, mengukur tekanan darah, mengukur berat badan, memberikan obat kepada pasien sesuai resep yang diberikan oleh dokter atau perawat yang bertugas dan mencatat identitas pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar